Senin, 16 Juli 2012

0
Hikmah dibaLik Wudhu

Hikmah dibaLik Wudhu. Oke, kaLi ini Erwina Ristianingsih akan berbagi informasi tentang  Hikmah dibaLik Wudhu. Wudlu merupakan sebuah rutinitas/kebiasaan yang kita lakukan setiap hari; setiap hendak bersholat umat islam diwajibkan mensucikan dirinya dari hadas kecil ataupun besar untuk mensucikan diri dari hadas kecil adalah dengan berwudlu, ketika hendak membaca al-qur'an pun juga demikian kita harus berwudlu terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja berwudlu juga ampuh untuk mengusir rasa malas, kantuk dan amarah yang sedang menggangu kita.



Sudah banyak penelitian dari berbagai disiplin keilmuan yang meneliti tentang hikmah yang terkandung apabila wudlu dilakukan dengan baik dan benar; berikut merupakan hikmah-hikmah yang ada dibalik wudlu sesuai hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai ilmuan.
Ulama Fiqih menjelaskan hikmah wudlu sebagai bagian dari upaya untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Daerah yang dibasuh dalam air wudlu, seperti tangan, daerah muka termasuk mulut, dan kaki memang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing termasuk kotoran dan kuman. Karena itu, wajar kalau daerah itu yang harus dibasuh. Dan dengan berwudlu yang sempurna semua anggota badan kita yang riskan terkena kotoran serta kuman-kuman akan mampu dibersihkan sehingga potensi kita untuk terkena penyakit fisik akan rendah.
Ulama tasawuf menjelaskan hikmah wudlu dengan menjelaskan bahwa daerah-daerah yang dibasuh air wudlu memang daerah yang paling sering dilakukan untu berbuat dosa. Kita tidak tahu apa yang pernah diraba, dipegang, dan dilakukan tangan kita. Banyak pancaindera tersimpul di bagian muka. Berapa orang yang jadi korban setiap hari dari mulut kita, berapa kali berbohong, memaki, dan membicarakan aib orang lain. Apa saja yang dimakan dan diminum. Apa saja yang baru dilihat oleh mata, apa yang didengar oleh kuping ini, kemana saja kaki ini melangkah dan apa saja dicium hidung ini. Dengan berwudlu dosa-dosa kecil yang kita lakukan sehari-hari bisa diampuni seperti air yang menetes dari anggota wudlu yang kita basuh.
Fisioterapist mengatakan bahwa pada anggota badan yang terkena basuhan wudhu terdapat ratusan titik akupunktur yang bersifat reseptor terhadap stimulus berupa basuhan, gosokan, usapan, dan tekanan/urutan ketika melakukan wudhu. Stimulus tersebut akan dihantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ dan sistim organ yang bersifat terapi. Hal ini terjadi karena sistem syaraf dan hormon bekerja untuk mengadakan homeostasis (keseimbangan). Titik-titik akupunktur, suatu fenomena yang menarik bila dihubungkan dengan kaifiyat wudhu. ada 493 titik reseptor pada anggota wudhu!! Wajah 84, Tangan 95, Kepala 64, Telinga 125, Kaki 125.
Dan juga terdapat 16 titik akupunktur di seluruh anggota wudlu kita. Berdasarkan riset pakar akupunktur, titik-titik tersebut apabila dirangsang dengan basuhan air, pijatan dan gosokan dapat menghasilkan bio energi (Chi) guna membangun homeostasis (keseimbangan). Sehingga menghasilkan efek terapi yang memiliki banyak manfaat dan dapat menyalurkan energe positif Dan bila kita membasuh telinga dengan benar serta dibarengi dengan pijatan saat berwudlu maka hal tersebut termasuk dengan tehnik akupuntur telinga atau dalam istilah kedokterannya dikenal dengan aurikulopressure.
Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers a Sport for the Body and Soul menjelaskan, wudhu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Kemudian, apabila dibersihkan dengan air (terutama saat wudhu), bahan kimia itu akan larut. Selain itu, wudhu juga menyebabkan seseorang menjadi tampak lebih muda. berwudhu dengan cara yang baik dan benar juga akan mencegah seseorang dari segala penyakit. Dalam penelitiannya itu, Muhammad Salem juga menganalisis masalah kesehatan hidung dari orang-orang yang tidak berwudhu dan yang berwudhu secara teratur selama lima kali dalam sehari untuk mendirikan shalat.
Salem mengambil zat dalam hidung pada selaput lendir dan mengamati beberapa jenis kumannya. Pekerjaan ini ia lakukan selama berbulan-bulan. Berdasarkan analisisnya, lubang hidung orang-orang yang tidak berwudhu memudar dan berminyak, terdapat kotoran dan debu pada bagian dalam hidung, serta permukaannya tampak lengket dan berwarna gelap. Adapun orang-orang yang teratur dalam berwudhu, permukaan rongga hidungnya tampak cemerlang, bersih, dan tidak berdebu. "Sesungguhnya, cara berwudhu yang baik adalah dimulai dengan membasuh tangan, berkumur-kumur, lalu mengambil air dan menghirupnya ke dalam hidung kemudian mengeluarkannya. Langkah ini hendaknya dilakukan sebanyak tiga kali secara bergantian," menurut salim
Psikiater dan sekaligus Neurology berkebangsaan Austria bernama Prof Leopold Werner von Ehrenfels, menemukan sesuatu yang menakjubkan terhadap wudhu. Ia mengemukakan sebuah fakta yang sangat mengejutkan. Bahwa pusat-pusat syaraf yang paling peka dari tubuh manusia ternyata berada di sebelah dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar. Dari sini ia menemukan hikmah dibalik wudhu yang membasuh pusat-pusat syaraf tersebut. Ia bahkan merekomendasikan agar wudlu bukan hanya milik dan kebiasaan umat Islam, tetapi untuk umat manusia secara keseluruhan. Dengan senantiasa membasuh air segar pada pusat-pusat syaraf tersebut, maka berarti orang akan memelihara kesehatan dan keselarasan pusat sarafnya. Dan karena temuannya tersebut akhirnya Prof. Leopold memeluk agama Islam dan mengganti nama menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.
Dan masih banyak lagi hikmah-hikmah berwudlu untuk kita baik secara psikis, jasmani maupun rohani, untuk itulah mari kita biasakan untuk selalu berwudlu dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang Rasululloh ajarkan kepada kita.
Oia Sob.. Jangan Lupa, Kasih Like FANSPAGE-Nya Yaa... ^_^
Judul: Hikmah dibaLik Wudhu
Rating: 100% based on 99994 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

0 komentar:

Posting Komentar